Friday, October 02, 2015

New Media Marketing

Name : Adindah / Business in creative industry
Schedule : Sat/603-PACI

*Assignment II

Apa itu New Media Marketing ( Media Marketing Baru )?

Menurut saya, New Media Marketing adalah suatu media baru yang lebih efisien dan praktis untuk membatu para pengusaha dan perusahaan dalam mengenalkan , memasarkan sebuah produk atau jasa dan mempermudah calon customer menemukan kebutuhan mereka.

 Sesuai dengan zaman nya  New Media Marketing adalah seluruh kegiatan pemasaran yang sudah berbasi IT dan sudah terkoneksi dengan internet jika di masa lampau pemasaran hanya melalui Tv,radio serta surat kabar maka  zaman sudah  beralih ke dunia online.

New media online meliputi social media , advertisement site , blog,  yang semuanya berkontribusi pada forum transparan untuk mengirim pujian, kritik, pertanyaan, dan saran.


New Media Marketing yang paling sering digunakan untuk pemasaran di Indonesia  masih memanfaatkan situs gratis seperti kaskus,OLX, Bukalapak,tokopedia dan  facebook , twitter , pinterest, instagram,snap chat  lebih condong pada social media karena lebih banyak dilihat oleh orang lain karena orang adalah mahluk sosial selalu ingin berkomunikasi oleh orang lain jadi social media adalah tempat yang paling strategis untuk mengenalkan atau memasarkan produk/jasa.

Meskipun di dalam beberapa kabar bisnis online akan ada beberapa orang yang pro dan kontra berpendapat mengenai suatu jasa dan produk yang telah mereka pakai  dan mengekspos kelemahan tertentu tentang seuatu perusahaan/produk  atau bahkan pesaing, untuk mengirim komentar kritis, menanggapi dengan jawaban yang jujur ​​serta transparan bagaimanapun ini juga dirancang untuk  mengurangi potensi risiko penipuan. 

Berikut dampak positif dan Negatif New Media Marketing :


Dampak Bagi Perusahaan / Produk:

Positif :
1. Reputasi perusahaan atapun produk bisa naik
2. Memudahkan transaksi jaul- beli secara online
3. Memperluas jaringan bisnis.
4. Mengetahui strategi pasar pesaing dan pendapat dari dunia tentang jasa/produk kita.
5. Sebagai sarana membangun sebuah kepercayaan secara tidak langsung antara penyedia layanan dan penikmat layanan ( calon customer ) .
6. Masyarakat dapat mengenal jasa/produk lebih mudah



Negatif
1. Pesaing atau beberapa pihak yang merasa tidak puas dapat memberikan kritik serta membuat gosip yang tidak benar tentang jasa/produk kita untuk menjatuhkan nama baik hanya dalam 1 detik karena media online dapat diakses di seluruh dunia dengan mudah.
 2.Transaksi online - resiko tertipu karena tidak bertemu secara tatap muka maka kemungkinan penyedia layanan bisa tertipu jika kurang nya berpengalaman dalam bertansaksi online.
misalnya customer memberikan bukti transfer palsu, 

atau dapat juga terjadi sebaliknya buyer sudah mengirim uang namun barang tak dikirim atau tak-kunjung datang. ( DITIPU seller ) 

 

Media baru pemasaran yang paling efektif seperti blog, RSS, produksi video web, podcast dan platform jejaring sosial.

Dampak positif dan negatif dari new media marketing bagi perusahaan lebih berdampak besar terhadap reputasi dan nama baik perusahaan. Maka apa yang di post di website mengenai gambaran perusahaan serta opini orang di dunia online berpengaruh besar terhadap kemajuan perusahaan.




thank-you! :) - Gbumore-


No comments:

Post a Comment